Budidaya Pohon Kaliandra

Budidaya Pohon Kaliandra


Budidaya Pohon Kaliandra - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Kaliandra merah (calothirsus) menjadi tanaman pagar yg perakarannya kuat dikarenakan model akarnya yg masuk kedalam. ciri-ciri ini lah yang dimanfaatkan argumen kenapa kaliandra benar-benar sesuai untuk tanaman pagar pada tanah yang mempunyai kemiringan tajam. Kaliandra berbunga sepanjang waktu tanpa ada tahu musim. seandainya menanam mulai biji, kaliandra mau mulai berbunga pada maximum umur 2 tahun. Kaliandra tahan pada tanah yang terbatas airnya, kering dan tandus, karena perakarannya yg dalam, kaliandra mampu mengikat air maka dapat diperlukan utk merehbilitasi kandungan air tanah. kala tanaman sudah setinggi 1 mtr., juga akan dapat bertahan dan tumbuh subur walau selagi musim kering (kemarau).

Kaliandra juga akan berbunga dan tumbuh subur pada keadaan cuaca yang ekstrim (panas 33 derajat celcius) dan daerah yang tandus, namun demikian perkembangan generatif terganggu, bunga rontok sebelumnya jadi buah dan biji, jadi untuk perbanbanyakannya dengan vegetatif (cangkok, stek, dan lain-lain). Pada setiap pagi, seandainya kita amati, di pangkal benang sari ada titik2 air berwarna kekuningan, sekiranya dijilat terasa manis. Itulah nektar yang diminati lebah, jadi kaliandra menjadi tanaman primadona bagi pelebah.


Budidaya Pohon Kaliandra


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Budidaya Pohon Kaliandra


Budidaya Pohon Kaliandra


Kaliandra mampu tumbuh dengan baik pada kawasan dengan intensitas curah hujan rata-rata 700-4000 mm/th., namun dihindari terendam air oleh karena itu tanaman kaliandra tak dapat tumbuh di lahan rawa. Tanaman ini tumbuh dengan baik di ketinggian 400-1800 meter di atas permukaan laut. Kaliandra bisa tumbuh pada bermacam-macam model tanah, pada jenis tanah asam, dan tanah yg tidak subur.

Budidaya tanaman kaliandra terlalu enteng. sebetulnya apabila di budidayakan dengan serius, tanaman ini bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menjanjikan. tersebut sebagai cara budidaya tanaman kaliandra yaitu sebagai berikut :

Pembibitan Kaliandra


a. Bibit kaliandra mampu diperoleh melalui cara memperoleh bibit unggul atau bisa saja dengan memotong-motong tanaman kaliandra yg telah tua dan sehat dengan ukuran panjang kira-kira 20-30 cm.
b. atau mungkin dengan buah yang udah terlebih dahulu di bedengi dalam polybag.

Penanaman Kaliandra


sistem tanam kaliandra cukup mudah, hanya di tancapkan pada tanah tanpa mesti menggmburkan tanah lebih dahulu.

Masa panen daun dan buah


a. Daun
Daun kaliandra dalam pemanenannya perlu waktu kira-kira 1/2 tahun atau sekira daun kaliandra sudah nampak lebat maka dengan automatis telah dapat di panen.
b. Buah
Masa panen buah kaliandra cukup lama dari mulai tanam kira-kira 1 th. lebih, dengan ciri isi buah yang sudah membentuk jadi udah di katakakan sudah masak. Hal ini jarang yg tahu, bila buah kaliandra ternyata laris di market serta tergolong lumayan mahal jadi tidak sering orang yg tertarik untuk budidaya tanaman kaliandra.

Tumbuhan Kaliandra memiliki sangatlah banyak macamnya karna semestinya terdapat sekitaran 200 tipe kaliandra. Di Indonesia, kita banyak berkaitan kaliandra bunga merah (Calliandra calothyrsus) dan kaliandra bunga putih (zapoteca) yg banyak digunakan sebagai tanaman penghijauan dan pakan ternak. tidak hanya sebagai tanaman penghijauan tanaman ini miliki kegunaan beda karena batang pohonnya lebih-lebih kaliandra bunga merah dapat dipakai jadi penghasil energi jadi bahan bakar alternatif pengganti batubara.

Daun kaliandra banyak dijadikan jadi pakan ternak untuk ternak ruminansia. Sebab kaliandra punya kandungan protein yang cukup tinggi yg berguna buat ternak, sehingga daun kaliandra difungsikan juga sebagai pakan pengganti rumput utk penuhi kepentingan pakan ternak. Berikut adalah komposisi kandungan kaliandra makanya tanaman kaliandra mempunyai faedah buat beragam kebutuhan.

sisi tanaman kaliandra yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak yaitu daunnya. di bagian daun kaliandra terdapat kandungan protein yang cukup tinggi. Pada ternak ruminansia seperti sapi, daun tanaman kaliandra mampu mengambil alih rumput optimal 50%, dan pada kambing serta domba s/d 30%. Selain itu daun tanaman kaliandra bisa pula diberikan pada ternak unggas (ayam dan bebek).

Pada ternak ruminansia pemberian daun kaliandra seharusnya dalam situasi segar, andaikata dalam situasi kering mau mempengaruhi perkembangan ternak sebab kandungan protein di dalamnya menyusut bila daun dalam keadaan kering. sesaat pemberian pakan pada unggas, daun kaliandra terlebih dahulu harus dijadikan tepung terlebih dahulu yang bisa dikerjakan dengan cara pengeringan dan kemudian digiling. resiko pemberian tepung kaliandra sebanyak 2-5% dari jumlah pakan pada unggas khususnya ayam petelur mampu memberikan warna kuning telur yang lebih cerah sebab daun kaliandra bermanfaat jadi karotinioid.

Tanaman Kaliandra punya bunga yg yang tahan lama serta memiliki kandungan nektar yang tinggi. Tanaman Kaliandra berbunga hampir sepanjang tahun bikin tanaman ini sangatlah bagus untuk dimanfaatkan sebagai tanaman sumber nektar pada peternakan lebah madu. serta madu yg dihasilkan dari peternakan lebah mempunyai kwalitas yang bagus dan aroma unik kaliandra.


Budidaya Pohon Kaliandra


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menanam Bibit Kaliandra

Contoh Pohon Kaliandra

Bibit Kaliandra Jogja