Benih Nangka Madu

Benih Nangka Madu


Benih Nangka Madu - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon nangka kebanyakan memiliki ukuran sedang, sampai kurang lebih 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 mtr.. Batang bulat silindris, hingga berdiameter sekitaran 1 mtr.. judulnya padat dan lebat, melebar serta membulat apabila ditempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan keluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

Daun tunggal, menyebar, bertangkai 1–4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3, 5-12 × 5–25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit untuk sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, enteng rontok serta meninggalkan bekas sama cincin.

Tumbuhan nangka berumah satu (monoecious), perbungaan tampil pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan teristimewa, yg tumbuh pada bagian batang atau cabang tua. Bunga jantan dalam bongkol berupa gada atau gelendong, 1-3 × 3–8 cm, dengan cincin berdaging yang pasti di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan dan berbau harum samar seandainya masak. Bunga nangka dimaksud babal. Setelah melalui usia masaknya, babal juga akan membusuk (ditumbuhi kapang) dan menghitam semasa masih tetap di pohon, sebelumnya akhirnya terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.


Benih Nangka Madu


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Benih Nangka Madu


Benih Nangka Madu


Manfaat Buah Nangka


Nangka adalah sumber kalori, tetapi ialah kandungan gula yang simpel seperti fruktosa dan glukosa yang dapat langsung dirubah jadi energi. beberapa mineral pentung serta nutrisi terkandung dalam nangka seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C serta mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium dan seng. Sehingga membuatnya perlu untuk dikonsumsi sabagai menu buah harian. dibawah ini beberapa manfaat nangka buat tubuh :

- 100 g nangka yang dikonsumsi bakal menyediakan 95 kalori. Buah ini daging yg lembut serta mudah diolah dengan kandungan gula sederhana seperti fruktosa serta sukrosa. dikala buah nangka ini dimakan akan langsung isikan ulang kekuatan dan merevitalisasi badan dengan selekasnya. Tapi jangan sampai sangat banyak dalam sekali makan, karna akan mengakibatkan gas dalam perut.
- Nangka kaya akan serat makanan, yg membuatnya menjadi pencahar yang baik. Kandungan serat menopang buat perlindungan selaput lendir usus melalui langkah mengikat dan mengikis bahan kimia penyebabnya kanker usus besar.
- Buah nangka segar memiliki kandungan beberapa kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, lutein serta cryptoxanthin-b. Senyawa ini dengan cara sama-sama memainkan peran perlu menjadi antioksidan dan memaksimalkan pandangan. Vitamin A juga diperlukan untuk memelihara integritas membran lendir dan kulit. Manfaat buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A, serta karotenoid telah diketemukan buat perlindungan paru-paru dan kanker rongga mulut.
- Selain itu, nangka adalah sumber anti-oksidan vitamin C yang sediakan sekitar 13, 7 mg atau 23% dari RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C mendukung tubuh meningkatkan resistensi kepada agen infeksi serta radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga mampu menjadi antioksidan yg bisa melawan sel degenaritif yang memicu terjadinya gejala kanker
- Buah langka yang kaya akan group vitamin B-kompleks. Nangka berisi jumlah yang sangat baik dari vitamin B-6 (pyridoxine), niasin, riboflavin, dan asam folat.
- Buah nangka adalah sumber yg baik mau kandungan kalium, magnesium, mangan, serta besi. Kalium adalah komponen mutlak dari sel dan cairan badan yang membantu mengontrol detak jantung serta dorongan darah

Dengan semua keuntungan yang kita miliki dari buah nangka. Membudidayakan buah nangka jadi komoditi ekonomi yang menguntungkan. Dalam membudidayakan tanaman buah nangka agar cepat menghasilkan buah bisa dikerjakan dengan beberapa langkah inilah : penentuan bibit, buat persiapan Lahan Tanam, Menanam Bibit Pohon Nangka, Merawat Pohon Nangka.

Syarat Tumbuh Buah Nangka


1. Iklim

Pohon nangka sesuai tumbuh di daerah yg memilki curah hujan tahunan rata-rata 1. 500-2. 500 mm & musim keringnya tidaklah terlalu keras. Nangka sanggup tumbuh di daerah kering yaitu di daerah-daerah yg mempunyai bebrapa bulan kering lebih dari 4 bulan
cahaya matahari sangat dibutuhkan nangka buat meningkatkan fotosintesa & pertumbuhan, lantaran pohon ini termasuk juga intoleran. Kekurangan sinar matahari mampu memicu terganggunya pembentukan bunga & buah dan pertumbuhannya.
Rata-rata suhu udara minimal 16-21 derajat C & suhu udara maximum 31- 31, 5 derajat C.
Kelembaban udara yg tinggi dibutuhkan untuk kurangi penguapan.

2. Media Tanam

- Pohon nangka dijaga di berbagai jenis tanah, akan tetapi lebih suka pada aluvial, tanah liat berpasir/lihat berlempung yg dlm & beririgasi baik.
- Umumnya tanah yang disukai yakni tanah yg gembur & agak berpasir. Pohon ini hidup pada tanah tandus hingga subur dengan keadaan reaksi tanah asam sampai alkalis.
- Bahkan pada tanah gambutpun pohon ini mampu tumbuh & hasilkan buah.
- Pohon nangka tahan pada pH rendah (tanah masam) dengan pH 6, 0-7, 5, tetapi yg optimum pH 6–7.
- Kedalaman air tanah yg cocok bagi perkembangan nangka yaitu 1-2 m atau pada 1-2. 5 m. dikarenakan perakarannya benar-benar dalam, maka sebaiknya ditanam pada tanah yg cukup teball susunan atasnya (lebih kurang 1 m).

3. Ketinggian Tempat

Pohon nangka mampu tumbuh dimulai dari dataran rendah sampai ketinggian tempat 1. 300 m dpl. akan tetapi ketinggian tempat yg paling baik untuk perkembangan nangka merupakan antara 0-800 m dpl.

inilah adalah bebrapa stage dalam budidata tanaman buah angka biar mamapu berbuah.

penentuan Bibit


Pada stage ini, Bibit harus datang dari tipe atau varietas yg unggul (produksi tinggi, buah memiliki kualitas baik, berumur panjang & tahan pada hama & penyakit). Bibit harus sehat yg sanggup dilihat dari sosoknya yg tangguh, batangnya kuat, lurus & tumbuh tegak, percabangan banyak dan daun bagian atas berwarna hijau segar & mengkilap. Proses penentuan bibit tambah baik menentukan bibit dari hasi cangkok, okulasi serta stek. dikarenakan bibit tanaman buah nangka jenis ini punya keunggulan dengan lebih cepat berbuah.

Pengolahan Media Tanam



aspek-faktor yg memengaruhi pertumbuhan tanaman nangka seperti gulma, genangan air, susunan dan pola struktur tanah harus dibenahi/dikendalikan. Hal yang butuh dicermati dalam tahapan penyaiapna media tanamn di antaranya :

– Pembentukan Bedengan
Ukuran bedengan beragam tetapi umumnya dipakai antara 5 x1 m atau 10 x 1 m. Bedengan membusur arah Utara ke Selatan & pinggirnya diperkuat dengan bambu, batu merah, atau kayu serta permukaannya ditinggikan 10-15 cm dari atas permukaan tanah.
Antar bedengan berjarak 0, 45 m & setiap 5-10 m bedengan dibuat jalan kontrol sekitaran 60-100 m. Saluran air dibuat sepanjang kiri kanan kontrol.

Bedengan diberi naungan dengan atap nipah atau sarlom. sisi yg menghadap ke timur dibuat lebih tinggi daripada yg menghadap ke Barat. Dalam bedengan disusun kantong-kantong plastik yg sudah diisi media tumbuh & sudah di beri lobang-lobang kecil dibagian bawahnya. Media tumbuh yg dipakai kombinasi tanah lapisan olah, pupuk organik, & pasir halus dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Ukuran kantong plastik yg diperlukan 20 x 30 cm dengan tebal 0, 08 mm & berwarna hitam.

– Pengapuran
jikalau pH tanah berwujud terlampau asam atau basa jadi perlu dijalankan berapa upaya biar nangka bisa tumbuh & berikan hasil yg maksimum. seandainya terlalu asam (pH5) sanggup ditambahkan kapur, kalau sangat basa (pH7) bisa ditambahkan belerang. Dosis yg diperlukan bergantung pada situasi tanahnya namun menjadi patokan 1 kg kapur atau belerang buat 1 m 3 lobang tanam.

– Pemupukan
Pada lobang tanam, tanah hasil galian dicampur dengan pupuk kandang 20 kg/lubang & dolomit 0, 5 kg/lubang (buat menaikkan pH). Tanah kombinasi ini dimasukkan ke lubang 2-3 minggu sebelumnya penanaman. Seminggu sebelum tanam berilah pupuk NPK (15-15-15) 100 gr ke dlm lubang penanaman.

tehnik Penanaman



– Penentuan Pola Tanam
Pohon nangka yg dirawat di kebun buah jarak tanamnya 8 – 12 m, dalam alur sisi empat atau sisi enam : kepadatan yang umum merupakan 100-120 batang/ha. Jarak tanamnya antara lobang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m. 2) Pembuatan Lobang Tanam Lubang tanam dibuat dengan ukuran 0, 5 x 0, 5 x 0, 5 m atau 1 x 1 x 0, 5 m. ketika penggalian lubang tanam, tanah area atas dipisahkan dari tanah bagian bawah. Tanah sisi atas dicampur dengan pupuk kandang yg udah matang sebanyak 20 kg per lubang. Lubang tanah yg telah digali dibiarkan terbuka selagi 1-2 minggu, biar mendapatkan cahaya matahari makanya teroksidasi dengan baik. Untuk menjauhi halangan tanah asam, tanah galian di campur dengan dolomit/kapur pertanian sejumlah 0, 5-1 kg per lubang tanam & tanah paduan ini dimasukkan ke dlm lubang 2-3 minggu sebelum penanaman. Untuk tanah yg terlampau berat, tidak hanya pengolahan tanah bisa juga ditambahkan pasir sebanyak 0, 5 kaleng per lubang. Seminggu sebelumnya tanam berilah NPK (15–15– 15) 100 gr ke dlm lubang penanamn jika butuh. Bibit hasil semaian atau okulasi ditanam tegak & kuat ke dlm tengah lubang penanaman. Jarak antara lubang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m.

langkah Penanaman



Penanaman dikerjakan sore hari atau pagi hari pada permulaan musim penghujan yaitu kala curah hujan sudah cukup merata. Bibit ditanam pada lubang yg sudah ada, tegak lurus. sebelumnya bibit ditanam, kantong plastik harus dibuang. apabila penanaman dilaksanakan di luar musim penghujan atau dikarenakan terdapatnya kelainan iklim, yaitu musim hujan mendadak beralih jadi kemarau lagi, maka bibit yg telah ditanam butuh disiram secara teratur.

Pemberian mulsa di seputar pohon nangka begitu butuh ; terlebih pada waktu musim kemarau untuk menaikkan kelembapan tanah. tetapi pada musim hujan mulsa tdk diperlukan karena dapat mendatangkan serangan jamur. Mulsa juga dapat dimasukkan ke dlm tanah jadi pupuk organi, pemberian dua kali per tahun sangatlah membantu pertumbuhan tanaman. Pemberian pupuk pabrik majemuk ditunaikan di Malaysia dengan dosis 2-3 kg per pohon.

Pemeliharaan Tanaman



– Penjarangan & Penyulaman
Penyulaman tanaman yg mati ditunaikan pada waktu hujan masihlah turun di tahun pertama & tahun ke-2.

- Penyiangan
Penyiangan atau membebaskan tanaman dari serangan gulma atau tumbuhan pengganggu ditunaikan melalui langkah membersihkan gulma dengan cara manual/kimia dari tanaman nangka dengan radius 1-2 m. Pengendalian gulma dengan cara kimiawi menggunakan herbisida contohnya Paracol 1, 5 liter dlm 600 liter air per ha atau Roundup 2-3 liter dlm 800 liter air/ha. Penyiangan pertama dilaksanakan 1-2 bulan setelah penanaman, sesudah itu setiap 2-4 bulan dijalankan selama 2-3 tahun. Penyiangan dikerjakan lewat langkah manual atau kimiawi.

– Pemupukan
Pemberian pupuk organik berwujud pupuk kandang atau pupuk kompos 1-2 kali satu tahun jumlah 20 kg per tanaman. Pemberian pupuk anorganik dijalankan seminggu sesudah penanaman dengan dosis 100 gr NPK per tanaman. Pemupukan ke dua pada usia 6 bln. dengan dosis 150 gram NPK per tanaman. Pemupukan ke-3 dilaksanakan pada tanaman umur 12 bulan dengan dosis 200 gram per tanaman. Pemupukan keempat pada usia 18 bln. dengan dosis 250 gr per tanaman & pemupukan kelima dikerjakan pada tanaman umur 24 bln. dengan dosis 300 gram per tanaman. setelah itu buat tanaman yg sudah berbunga pada lahan tidak subur mampu ditambahkan pupuk organik 650 gram/pohon.
buat menambah tanaman dibutuhkan penambahan pupuk daun faedah merangsang pembentukan daun. Pemberian pupuk daun ditunaikan selang 2 minggu hingga tanaman umur 17 bulan. Jenis pupuk daun yg dimanfaatkan Gandasil D/Bayfolan.

– Pengairan & Penyiraman
Tanaman nangka perlu drainase yg baik. Pengairan ini diperlukan utk meningkatkan produktivitasnya. Tanaman nangka mempunyai perakaran dalam, tidak memerlukan penggenangan pada waktu musim kemarau karna tanaman nangka kurang toleran terhadap genangan. Akarnya masihlah dapat meyerap air pada tanah yg dalam. Pemberian air tambahan diperlukan selagi dua tahun pertama pertumbuhannya.

– Pemeliharaan Lain
Pemangkasan dilaksanakan di sisi tanaman yg tidak subur & tidak produktif. Pemangkasan cabang dilaksanakan pada pohon nangka yg bertema rimbun biar sinar matahari tidak terhalangi jadi merangsang perbungaan. Pemangkasan dibatasi pada penjarangan pucuk dikala pohon mulai ditanam & sedikit pemotongan dahan-dahan yg memiliki kandungan buah agar meringankan capai buah untuk dibungkus & lalu dipanen. Pemangkasan cabang dimaksudkan utk mengatur pembuahan, lantaran bunga betina nampak pada batang paling utama atau cabang primer. Perangsangan pembungaan dikerjakan lewat cara melukai, mengebor/mengikat batang. Tujuan perlakuan untuk menghalangi hasil asimilasi daun biar tak meyebar ke semua sisi tanaman, namun untuk merangsang pembungaan. biar buah nangka akhirnya baik & besar, kerjakan penjarangan buah. Buah yang mulai membesar bungkuslah dengan kantong/kertas semen yg sudah dicelupakan ke larutan insektisida. perbuatan ini sanggup halangi serangan tikus atau kelelawar, & memikat semut yg bisa mengusir serangga lain makanya di peroleh buah yg kulitnya mulus & cerah.

Panen Nangka


Bibit buah nangka hasil okulasi dapat membuahkan buah pada umur 3-4 th.. Pemanenan dilakukan kalau buah udah masak yg diikuti dengan muncul bau harum dan ukuran duri-duri pada kulit nangka telah mulai menjadi membesar. Hasil buah per tahun per pohon beragam kebanyakan berkisar 8-12 buah/pohon/tahun.


Benih Nangka Madu


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menanam Bibit Kaliandra

Contoh Pohon Kaliandra

Bibit Kaliandra Jogja